Obat Sehat Pada Bumbu Pecel

Diposting oleh Menuju Cahaya on Sabtu, 14 Januari 2012

obat sehat pada bumbu pecel
Pernahkah anda mendengar Nasi Pecel? Apakah pernah anda menikmati nasi pecel tersebut? Bagaimana rasanya? Dan jawaban yang paling banyak adalah menjawab pernah dan rasanya enak sekali. Mengapa dinamakan Nasi Pecel? Ya, terlihat dari bumbu yang berwarna coklat, baik berbentuk halus ataupun kasar.

Yang membuat khas nasi pecel adalah bumbunya, yang sering disebut dengan nama bumbu pecel. Bumbu pecel ini sangat khas rasanya, yang dibuat dari bahan kacang-kacangan dan paling umum yang digunakan adalah kacang tanah.

Mungkin ada sebagian orang yang enggan menikmati nasi pecel karena takut pada bumbunya, yang terbuat dari bahan kacang tanah tersebut. Ada sebuah mitos yang telah berprasangka kepada bahan itu, yang mengatakan bahwa kacang tanah dapat menimbulkan jerawat dll. Sungguh mitos yang membuat sebagian orang ketakutan dan harus benar-benar diluruskan. Dan ada juga yang mempercayai mitos tersebut, namun tetap saja cuek dan langsung menyantap jika disuguhkan sepiring nasi pecel. disantaplah dengan lahap tanpa memikirkan apapun, yang penting kenyang.

Siapa sangka dan tiada yang menyangka, dibalik kenikmatan bumbu pecel itu ada berbagai macam obat penting untuk kesehatan tubuh, dan bahkan dapat melindungi tubuh dari berbagai macam penyakit. Tanpa disadari, pecel yang terbuat dari bahan kacang tanah mempunyai beberapa manfaat. Apa itu manfaatnya .....:

Ini dia Obat Sehat Pada Bumbu Pecel, sebelum menginjak lebih jauh manfaatnya, adakalanya penulis memberikan sedikit informasi tentang kandungan yang terdapat pada bumbu pecel, yang penulis fokuskan adalah pada kacang tanahnya. Kacang tanah merupakan tanaman polong-polongan atau disebut juga dengan nama legum dari famili Fabaceae dan mempunyai nama dari bahasa yunani Arachis hyphogaea L. dan nama dari bahasa inggrisnya adalah peanut.

Kacang tanah sangat kaya sekali dengan lemak dan proteinnya dan dilengkapi pula dengan vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin K, kalsium, fosfor, lesitin, kolin dan zat besi. Kandungan yang kaya adalah lemak dan protein, lemaknya sekitar 40-50% sedangkan proteinnya sekitar 30% lebih besar daripada protein yang terdapat pada daging dan telur.

Ada yang ketinggalan, kandungan pada kacang tanahpun juga sangat kaya, antara lain adalah: Omega 3, fitosterol, arginin dll. Waww, luar biasa sekali. Dari sekian banyaknya zat dan kandungan yang terdapat pada kacang tanah yang kecil dan mungil itu, sangat bermanfaat sebagai obat:



1. Mencegah Penyakit Jantung

Penyakit jantung adalah penyakit yang sangat kronis, karena jantun merupakan alat dari kehidupan, maka harus dijaga benar kesehatannya.

Mengkonsumsi kacang tanah selama seminggu sebanyak 1 0ns dapat mencegah penyakit jantung. Itu dikarenakan bahwa kacang tanah mampu meningkatkan pemompaan jantung.

2. Kencing manis

Bagi anda yang mengalami gangguan kencing manis, konsumsilah kacang tanah segenggam saja dalam satu hari. Maksudnya bukan mengambil segenggam kacang tanah langsung dimakan tetapi ukurannya atau dosisnya adalah segenggam. Kacang tanah dapat memberikan masukan zat yang mengalami kekurangan zat pada tubuh.

3. Menurunkan kadar kolesterol

Pada kacang tanah memiliki kandungan fitosterol, yang mempunyai fungsi menurunkan kadar kolesterol. Yaitu dengan cara menahan penyerapan kolesterol dari makanan yang disirkulasikan dalam darah dan mengurangi penyerapan kembali kolesterol dari hati.

4. Asma

Penyakit asma disebabkan karena banyak faktor, salah satunya karena paru-paru yang terinfeksi oleh bakteri Mycrobacterium tuberculosis. Dan biasanya disebut dengan penyakit tuberkulosis. Nah, bakteri tuberkulosis ini bisa diserang oleh zat yang terdapat pada kacang tanah, yang bernama arginin. Ariginin ini dapat memerintahkan tubuh atau merangsang tubuh untuk memproduksi nitrogen monoksida sebagai senjata melawan bakteri tersebut.

5. Hemoilia, keputihan dan insomnia serta sebagainya

Banyak sekali sebenarnya manfaat kacang tanah ini. Nah, daripada memakan kacang tanah secara langsung, lebih baik kacang tanah ini diolah menjadi makanan yang lezat sehingga tanpa harus memikirkan obat nya, dengan sambil menikmati makanan dari olahan kacang tanah sekaligus mengobati penyakit atau mencegah penyakit yang berbahaya. Salah satu olahan kacang tanah yang populer adalah dengan menjadikannya sebagai bumbu pecel yang dapat disantap dengan nasi dan sayuran dan tentunya akan lebih sehat, nikmat dan dahsyat.

WARNING!!!

Dan ingat sekali lagi, jangan makan dan minum berlebihan, sebaik apapun manfaat dari sebuah makanan dan minuman, jika dikonsumsi lebih dari batas atau berlebihan, juga dapat menyebabkan peyakit

Demikianlah sedikit pembahasan menegenai Obat Sehat Pada Bumbu Pecel, semoga memberikan manfaat kepada anda semua.

Mohon maaf apabila ada kesalahan dalam penulisan, kritik dan sarannya selalu penulis harapkan, karena tanpa kritik dan saran, tentu tidak akan ada kemajuan.

Salam Sehat,
Salam Obunose,

{ 2 komentar... read them below or add one }

Anonim mengatakan...

Hehehe, ane suka makan pecel gan. :)
Karena ane berasal dari Madiun, kota pecel. :)

Menuju Cahaya mengatakan...

waaaahhh ,, benarkah .... mantap itu ..... bagi donk pecel madiunnya :D

Posting Komentar