Minuman Sehat Kopi Nikmat

Diposting oleh Menuju Cahaya on Jumat, 06 Januari 2012

minuman sehat kopi nikmat
Selamat datang kembali di obunose, kali ini kita akan membahas sesuatu yang berjudul "Minuman Sehat Kopi Nikmat."

Berbicara tentang kopi, pasti sudah banyak penikmat-penikmat kopi yang setia dalam mengkonsumsinya. Kopi sangatlah nikmat, bila diseduh dengan air panas, dan diberi sedikit gula, disajikan dengan makanan ringan. Waaww, pasti mantap, apalagi disertai dengan ngobrol ringan dengan keluarga, kawan ataupun orang lain, dijamin pembicaraan akan lama sekali. hehehe.

Kita tinggalkan sejenak mengenai itu, kita masuk pada sejarah kopi. Mengapa dinamakan kopi, nah ini ada sejarahnya, .. Mau Tau?. Yukk mari disimak dengan seksama.

Segi Sejarah

Kopi diambil dari bahasa arab yaitu qahwah, dan kata qahwah mengulami perubahan lagi dengan nama kahveh yang berasal dari bahasa turki. Dan kata kahveh berubah lagi dalam bentuk bahasa belanda yaitu koffie, karena dahulunya belanda menjajah indonesia, diindonesiapun nama koffie menjadi kopi. Nah, itu asal usul nama dari kopi.

Kandungan Pada Kopi

Tidak asing lagi, kandungan kopi yang paling banyak diketahui oleh semua kalangan adalah kafein. Kafein adalah senyawa dari hasil metabolisme sekunder golongan alkaloid dari tanman kopi, dan memiliki rasa yang pahit. Perlu diketahui, kafein tidak hanya ada pada kopi melainkan juga terdapat pada teh dan cokelat. Selain kafein, kopi juga memiliki zat antioksidan yang terdiri dari polifenol, flavonoid, proantosianidin, kumarin, asam klorogenat dan tokoferol. Untuk lebih meningkatkan antioksidan tersebut harus dengan proses perebusan.

Minuman Sehat Kopi Nikmat

Sesuai dengan judul, Minuman Sehat Kopi Nikmat, berarti kopi sangatlah bermanfaat bagi kesehatan. Orang terburu berprasangka buruk terhadap kopi, karena kopi mengandung kafein dianggap itu adalah zat yang membahayakan bagi tubuh, seperti kanker, insomnia, dan penurunan konsentrasi. Ada alasan tertentu untuk meluruskan segala prasangka terhadap kopi. Terntaya kopi sangat menyehatkan, ini ada beberapa alasan mengapa kopi dinamakan sebagai minuman sehat. Justru kafein yang diatkut-takutkan itulah yang berkhasiat bagi kesehatan, apa saja kegunaan kafein itu:


1. Penambah stamina

Dari namanya saja sudah sangat jelas, kopi yang berasal dari bahasa arab pada saat nama pertama kalinya adalah qahweh, mempunyai arti "kekuatan." Kopi pada awalnya digunakan sebagai makanan berenergi tinggi.

Dalam sejarah, kopi dicatat sebagai minuman berkhasiat dan berenergi pada 1000 (SM) atau sekitar 3000 tahun yang lalu, ditemukan di Benua Afrika oleh Bangsa Eitopia. Karena itulah, kopi dijadikan sebagai minuman berkhasiat didunia.

2. Penghilang Penyakit Berbahaya

Kafein yang selalu diburuk sangkai oleh sebagian orang, ternyata dapat menghilangkan penyakit-penyakit berbahaya. Contohnya:

a. Kafein dapat menjaga sensitivitas tubuh terhadap insulin, sehingga dapat menurunkan resiko diabetes melitus tipe 2.
b. Kafein mampu menekan pertumbuhan kanker secara istiqomah.
c. Kafein dapat mencegah penyakit serangan jantung.
d. Kafein dapat memecah glikogen, sehingga mampu meningkatkan energi dalam tubuh.

Adapun selain kafein terdapat antioksidan yang disebutkan sebelumnya. Antioksidan itu berfungsi sebagai penangkal dampak dari radikal bebas yang menyebabkan kanker dan lainnya.

Selesai sudah alasan-alan dan bukti, benar jika kopi dikatakan sebagai minuman sehat kopi nikmat. Disamping kenikmatannya, kopi juga terbukti memberikan dampak positif bagi yang mengkonsumsinya. Tetapi ada yang perlu digaris bawahi.

"Walaupun Dapat memberikan manfaat bagi tubuh, tetap saja jika dikonsumsi secara berlebihan akan memberikan dampak yang lain. Karena, batas aman dalam pengkonsumsiannya per-hari adalah 100-150 mg."

So, jangan banyak-banyak minum kopi, tetapi sekedarnya saja. Tuhan mengajarkan kepada manusia untuk tidak berlebihan dalam hal apapun dan juga tidak terlalu kikir. Tidak berlebihan dan tidak kikir dalam penggunaan makanan dan minuman akan berdampak kesehatan yang bugar bagi tubuh.

Semoga bermanfaat dan selamat menikmati kopi, jangan lupa berbagi dengan penulis ya? hehehe.
Apabila ada kesalahan dan kekurangan, kirimkan saran dan masukan di sini.

(Referensi diambil dari http://id.wikipedia.org/wiki/Kopi)

Salam Sehat,
Salam Obunose,

{ 8 komentar... read them below or add one }

Asaz mengatakan...

minum kopi yang sehat tidak berlebihan antar 1 s d 2 gelas tiap hari, sehat dan nikmat..poko eee

Menuju Cahaya mengatakan...

hehehhe,,, lebih mantap ditambahi dengan kacang maz bro :D

stupid monkey mengatakan...

kalau saya peminum kopi sejati sob "nyombong" dari kecil sampai sekarang saya selalu minum kopi, apalagi bangun tidur, wiih nikmat sekali, saking nyandunya sama kopi dalam sehari saya bisa konsumsi hingga 4 gelas sob, mau tidur juga harus ngopi dulu, baru ikhlas tidurnya, hehehe ;)

salam

Menuju Cahaya mengatakan...

hahahah .. maz stupid monkey emang doyan ya ama kopi ... sama donk ma aku maz .... sehari aku cuma minum kopi 2 kali .. kalau hujan, 5 kali keturutan ... hiihihiihih .. salam kenal maz :)

ikaisone mengatakan...

Makasih infonya. Saya juga pecinta kopi, sehari gak minum kopi, rasanya seperti sehari tanpa hujan...halah. Salam kenal! :)

Menuju Cahaya mengatakan...

saudara ikaisone yang saya hormati ... terimakasih sudah berkunjung dan semoga bisa memberikan manfaat .. hehehe ... kopi itu adalah nyawanya minuman ya maz... g minum kopi terasa nyawa terlepas..... wkwkkw ..lebay juga neh :D

Salam kenal juga maz ....

shygit0911 mengatakan...

ane sundull om,, makasih atas info berharga ini...
ane juga penikmat kopi,,
pertanyaannya kopi seperti bgmn yang baik di konsumsi..??
kopi hitam,,?? atau kopi2 sachet yg marak dijual di toko2...
thank's omm kunjungi balik ane di http://sigitirmawan.com/tuntaskan-skripsi-di-2012-my-resolution
dan berikan komentar.. keep blogging.

Menuju Cahaya mengatakan...

terimakasih kembali om shygit... hehehe... kopi yang baik adalah kopi yang alami .... kopi yang tak dibuat dengan campuran bahan pengawet atau bahan kimia ... itu aja kok om ?? hehehehe...

Posting Komentar