Solusi Sehat Bagi Pecandu Rokok

Diposting oleh Menuju Cahaya on Senin, 09 Januari 2012

solusi sehat bagi pecandu rokok
Pada kesempatan kali ini, penulis tiba-tiba ingin menulis tentang rokok. Rokok yang bentuknya sangat aduhai sekali yang dalamnya terdapat bahan-bahan herbal campuran, sudah tentu banyak sekali baik bagi para pecandu atau para pemula begitu sangat menikmati rokok ini.

Sudah tentu dan sudah jelas merokok dapat membahayakan kesehatan, namun untuk melarang pecandu rokok adalah suatu cara yang kurang efektif. Karena merokok yang tercipta karena sebuah kebiasaan akan sulit ditinggalkan, kalaupun ditinggalkan, pasti kecanduan itu akan kembali lagi.

Rokok yang mengandung zat-zat berbahaya tidak akan membuat takut para pecandu yang dengan santai dan khusyuknya menikmati rokok, mungkin lebih baik merokok daripada minum minuman keras. Zat-zat yang terkandung pada rokok sangatlah banyak sekali, diantaranya yang paling dikenal oleh banyak orang adalah nikotin. Agar lebih akrab dengan nikotin, penulis bersedia mengenalkan kepada pembaca semuanya untuk lebih mengenal lagi. hehehe.

Nikotin adalah senyawa kimia organik kelompok alkaloid yang dihasilkan secara alami oleh tumbuhan tertentu. Nikotin adalah hasil dari biosintesis di akar dan terakumulasi di daun. Nikotin ini mempunyai sifat karsinogenik, yang dapat memperkecil kekuatan tubuh atau metabolisme tubuh dalam melawan sel-sel kanker. Nikotin inilah yang menjadikan sebuah kecanduan bagi para penikmat. Dan masih banyak lagi zat-zat yang terkandung pada rokok, namun sudah banyak diluar sana yang menyediakan dan menulis zat-zat yang lainnya.

Karena penulis disini ingin memberikan solusi sehat bagi pecandu rokok, sudah tentu kapasitas penulis disini memberikan solusi sehat yang jitu bagi pecandu rokok, untuk meminimalisir atau menghalangi zat-zat berbahaya itu.

Melihat orang yang merokok, begitu terlihat santai, rileks, enjoy dan terlihat tak ada masalah, itu sebabnya zat nikotin telah bekerja sebagai penenang. Dengan menyembul-nyembulkan asap dari mulut maupun hidungnya, dan cara khas memegenang batang rokoknya, terlihat unik dan menarik sekali. hehehe.

Nah, sudah saatnya penulis memberikan solusi sehat bagi pecandu rokok. Rokok yang terkenal sebagai penyebab kanker, kerusakan janin, dan lainnya sudah tentu tidak akan dapat menakut-nakuti pecandu. Dan pecandu akan terus menikmati rokok dan melindungi sahabatnya tersebut. hehehe.

Agar tetap menjalani hidup sehat, pecandu rokok, sebaiknya mengikuti saran dari penulis, kalaupun tidak diikuti itu adalah hak masing-masing pribadi. Karena penulis perhatian dan ingin menjadi sahabat yang bermanfaat khususnya bagi pecandu, karena itulah penulis menyempatkan waktu saat ini.

Agar tetap sehat, maka:

1. Gosok Gigi dan Minum Air Putih
Setelah merokok, diharapkan menggosok gigi dan minum air putih 2 gelas. Nikotin yang melekat didalam mulut, harus segera dibersihkan, agar ketika makan dan minum nikotin dan zat lainnya tidak ikut masuk kedalam tubuh. Sedangkan air putih berfungsi sebagai pengikat racun dan mengeluarkan racun dari dalam tubuh melalui ekskresi.


2. Olah-Raga
Sudah tentu, jangan berhenti berolah raga. Olahraga sangat membantu meningkatkan ketahanan tubuh dan mampu membasmi racun bahkan penyakit dalam tubuh. Olahragi pagi sangat dianjurkan, karena disaat pagi terdapat udara yang segar bahkan sehat, Oksigen pada saat pagi lebih banyak. Itu akan membantu memberikan kekuatan lebih pada metabolisme tubuh.

3. Hindari Kebiasaan Ini
Jangan terlalu sering menghirup rokok dan mengeluarkan asapnya melalui hidung. Jika ini terjadi, zat-zat beracun akan melekat pada saluran pernapasan. Kalau pun terbiasa, solusinya adalah berolah-raga pagi dan menghirup udara yang bersih, ini dapat mengatasi racun-racun tersebut.

4. Jangan Sebarkan
Jangan sebarkan ajaran ini kepada yang tak cukup umur, cukup anda saja sebagai pecandu, jangan berdakwah tentang rokok pada generasi muda, agar suatu saat nanti, para pecandu akan seidikit.. Setuju kan? :) Karena dengan menyebarkan kesehatan, diri anda akan disehatkan.

5. Mencegah Merokok
Mencegah untuk tidak merokok sangatlah sulit. Namun, kurangi merokok anda, uang untuk membeli rokok jauh lebih baik untuk disedekahkan saja, pasti akan meberikan dampak yang sangat bermanfaat sekali. benar kan? hehehe.

6. Penenang Alternatif atau Olah-Jiwa
Jika alasan merokok untuk penenang, cobalah dengan artenatif lainnya. Misalkan, sholat. Sholat adalah penenag jiwa dan pikiran yang sangat baik sekali. :)

7. Merokok dengan sugesti
Bayangkan saja anda merokok, dan rasakan kenikmatannya.

Nah, itulah yang dapat penulis usahakan sebagai perhatian penulis kepada sahabat-sahabat pecandu. Semoga bermanfaat dan memberikan kemanfaatan. Lebih baik Sebarkan dakwah Solusi Sehat Bagi Pecandu Rokok ini, daripada menebarkan dakwah untuk mengajak merokok. :)

Jika Kebiasaan merokok, kurangilah ... Sebab Merokok dapat menyebabkan anda kecanduan dan melupakan anda untuk menabung di masa depan. Kurangi, kurangi dan kurangi merokok anda, karena akan menambah kesehatan. Dan jangan kurangi uang anda untuk membeli rokok, kurangi uang anda untuk membelikan hadiah kepada orang yang anda cintai. :)

Salam Sehat,
Salam Obunose,

{ 5 komentar... read them below or add one }

Asaz mengatakan...

solusi yang paling baik adalah berhenti merokok

Menuju Cahaya mengatakan...

betul maz ,,, tetapi harus secara bertahap .... karena untuk memberikan pesan kepada pecandu untuk tidak merokok, harus dengan tips2 tertentu. :)

Athan Bungi mengatakan...

Artikel bagus. Sayang saya belum bisa lepas dari rokok. Apalagi kalau lagi didepan komputer, was wis wus jadinya. Sebenarnya untuk berhenti merokok itu muncul dari niat yang kuat, karena saya pernah berhenti. tapi karena lingkungan, ya kambuh lagi. Hanya saja, kalau di dekat dekat wanita dan anak saya, paling tidak menjauh.

Menuju Cahaya mengatakan...

hehehe ... sebelumnya terimakasih atas penilaiannya ... betul sekali maz ,,, pecandu rokok sudah tentu tidak akan bisa menghentikan , walaupun uda punya niat yg kuat juga bakalan akan kembali ... yahh ... yg pasti walau tak bisa menghentikan merokok, harus bisa menghentikan merokok ditempat ramai ... hihiihihi ...

Unknown mengatakan...

Sbnrnya mudah sja klo mau stop mroko..
Cuma 1 kuncinya NIAT..
2 thn yg llu sy sdh coba sndiri..
Alhmdullah sukses n brhasil..

Posting Komentar